15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

BANGOJOL.COM - 10 Daftar Ojek Online Terpopuler di Indonesia, Tidak bisa dipungkiri lagi, Ojek menjadi salah satu solusi menghadapi kemacetan yang semakin parah di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta, Bogor atau Bandung. Apalagi, sejak layanan transportasi ini mendapat sentuhan teknologi, ojek pun semakin banyak digandrungi oleh masyarakat perkotaan, terutama karena kepraktisannya.

Berbagai jenis transportasi berbasis aplikasi online terus berkembang di Indonesia dan semakin diminati banyak masyarakat, terutama di kota-kota besar. Persaingan di dunia transportasi online pun makin sengit dan sulit, di sisi itu, transportasi online atau ojek online tetap akan memberikan dampak yang positif.

Baca Juga: Cara Tarik Saldo GO-PAY Ke Rekening Bank

Dengan ojek online tentunya dapat memudahkan Penumpang ataupun driver, dengan bermodalkan Smartphone dan Data Internet maka penumpang dapat dengan mudah mendapatkan tumpangan, begitu juga driver lebih mudah mendapatkan orderan. Nah, dari sekian banyak ojek online di Indonesia, berikut ini 15 aplikasi ojek online berbasis Android yang paling populer di Indonesia.

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Berikut ini adalah sejumlah layanan transportasi via aplikasi yang tengah berkembang di Indonesia:

1. Go-Jek

Siapa yang tidak asing dengan Go-JEk. Transportasi Online berbasis aplikasi ini bisa dibilang transportasi online terbesar di Indonesia, karena jangakaunnya sudah meluas di banyak Kota di Indonesia. bahkan sudah menjamur di Luar Negeri seperi Thailand.

Go-Jek Berdiri sejak tahun 2010, GO-JEK mulai melayani ojek lewat aplikasi smartphone pada tahun 2014. Layanannya pun kini tidak hanya bisa ditemukan di daerah JABODETABEK saja, tetapi juga di sejumlah kota besar lainnya di Indonesia, seperti di Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bali, Medan, Palembang, Makassar, dan Balikpapan. Selain ojek orang dengan nama Go-Ride.


Dan pada 2018 ini Go-Jek sudah hadir di banyak kota di Indonesia. Ojek online yang satu ini juga menyediakan sejumlah layanan lain, seperti Go-Food (pembelian makanan), Go-Mart (belanja di supermarket), dan lainnya.

Perusahaan ojek online bernama PT Go-Jek Indonesia ini sudah didirikan sejak 2010 di Jakarta. Saat ini, CEO dijabat oleh Nadiem Makarim, pemuda Indonesia lulusan Harvard Business School, Universitas Harvard, Amerika Serikat. Sejauh ini Go-Jek memiliki 10.000 lebih mitra pengendara ojek, Hebat bukan?

2. Grabbike

Grabbike diluncurkan di Jakarta pada Mei 2015. GrabBike merupakan layanan ojek online di bawah naungan GrabTaxi. Perusahaan layanan transportasi pemesanan transportasi online ini berasal dari negeri Jiran Malaysia loh. Operasi dan sistem kerjanya memiliki pola yang sama seperti Go-Jek, yaitu calon penumpang atau konsumen memesan ojek melalui aplikasi Grab.


GrabBike menerapkan bagi hasil keuntungan 90% untuk pengendara ojek dan 10% untuk GrabBike. Aplikasi GrabBike bisa diunduh di pusat aplikasi Play Store, iOS dan Windows Phone. kamu juga dapat menggunakan OVO sebagai dompet atau pembayaran pada aplikasi Grab.

3. Uber

Layanan transportasi online ini sudah berdiri sejak tahun 2009, dan berpusat di San Francisco, Amerika Serikat. Uber hadir untuk menghubungkan penumpang dan pengemudi taksi melalui aplikasi. Tujuannya membuat penumpang lebih mudah dalam memesan tumpangan transportasi, hanya dengan melalui smartphone.


Sejak didirikannya pada tahun 2009 hingga saat ini, Uber telah beroperasi di ratusan kota pada 59 negara di dunia, Cukup besar juga ya? Untuk di Indonesia sendiri, Uber telah hadir di Kota Jakarta, Bandung dan Bali.

4. Transjek

Transportasi selanjutnya adalah Trasnjek, Transjek menyebut diri sebagai "taksi motor ber-argometer dan kurir pribadi Anda". Transjek yang dibangun Riyandri Tjahjadi dan Nusa Ramadhan sejak September 2012, menetapkan tarif Rp 4.000 untuk satu kilometer pertama kemudian Rp3.000 untuk tiap kilometer selanjutnya.


Kelebihan Transjek adalah pengemudi yang berpenampilan lebih rapih dan penumpang diberikan shower cap (semacam pelindung kepala seperti di salon) sebelum memakai helm, Transjek saat ini baru beroperasi di daerah Jabodetabek.

5. Wheel Line

Didirikan oleh Chris Wibawa, Whell Line berbeda dengan beberapa layanan transportasi online lainnya, dimana Wheel Line menetapkan harga sesuai zona wilayah. Dengan kantor pusat di Jakarta Barat, maka radius tiga kilometer dari lokasi tersebut dianggap sebagai zona satu, kemudian tiga kilometer selanjutnya sebagai zona dua. Begitupun seterusnya.


Wheel Line lebih berfokus bergerak pada bidang logistik, transportasi dan shopping delivery atau pengantar barang belanjaan,  dengan menggunakan armada Honda Scoopy membuat Wheel Line lebih unik dan autentik. Wheel Line resmi beroperasi pada tanggal 5 Januari 2012.

6. Bangjek

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Jasa ojek ini didirikan oleh Andri Harsil. Tarif yang diterapkan sebesar Rp4.000 untuk kilometer pertama dengan tarif Rp3,4 per meter selanjutnya. bangjek lebih memerhatikan kepuasan pelanggan seperti menyediakan wifi gratis, pelanggan juga disediakan plastik pelindung rambut, kotak penyimpanan dan jas hujan, hebat bukan?

7. Ojek Syar’i

Pertama di Indonesia atau bahkan di Dunia, Ojek Syar'i yang berbasis aplikasi ini mendapat banyak apresiasi. Didirikan oleh dua mahasiswa asal Surabaya Evilita Adriani dan Reza Zamir, Ojek syar’i merupakan layanan ojek berbasis aplikasi smartphone Android.

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Ojek Syar'i merupakan layanan ojek yang dikendarai perempuan dan konsumennya adalah perempuan muslim. Ojek Syar'i menargetkan celah pasar yang tidak disasar oleh kebanyakan ojek online lainyya.

Sangat cocok bagi kamu Perempuan Muslimah yang suka risih ketika mendapatkan tumpangan oleh driver Pria. Maka dengan Ojek Syar'i ini kamu bisa lebih nyaman.

8. Blu-Jek

Yang selanjutnya adalah Blu-Jek, sesuai dengan namanya, Blue-Jek memiliki nuansa warna Biru.Walaupun begitu Blu bukan berarti warna biru, Nama Blue-jek sendiri berasal dari kata ‘blusukan’ dan "ojek". Aplikasi Blue-Jek resmi diluncurkan di Jakarta pada 17 September 2015 oleh Michael Manuhutu dan Garrett Kartono.

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Menurut Garret Kartono, saat ini Blu-Jek sudah memiliki lebih dari seribu driver. Blu-Jek menyodorkan 4 layanan yang bisa diakses melalui call center, juga melalui aplikasi smartphone baik di Android maupun iOS. Layanan tersebut yaitu Blu-Rider untuk transportasi ojek, Blu-Pick untuk jasa pengiriman barang, Blu-Shop untuk belanja dan Blu-Menu untuk order makanan.

9. TopJek

Walaupun tergolong masih baru, popularitas TopJek sudah mampu menyaingi aplikasi ojek lainnya yang sudah terlebih dahulu berkecimpung di lapangan. TopJek adalah aplikasi yang menyediakan layanan TopJek Ride untuk menjemput dan mengantar penumpang ke tempat tujuan dan TopJek Courier yang merupakan layanan pengiriman paket atau dokumen.

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Aplikasi ini juga menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran, mulai dari pembayaran tunai, bank, kartu kredit, dan IndoWallet. Sampai saat ini TopJek sudah diinstal sebanyak 50 ribu lebih di Play Store, dengan Rating yang lumayan bagus yaitu 4.6.

10. TeknoJek

Satu lagi aplikasi ojek online yang masih terbilang baru, yaitu TeknoJek. Armada yang disediakan oleh TeknoJek mungkin tidak terlalu banyak, tetapi berdasarkan review yang ada di Google Play Store nampaknya aplikasi ini sangat memuaskan. Saat ini, TeknoJek sudah berhasil mendapatkan rating 4,3 di Google Play Store.

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Layanan yang disediakan Teknojek adalah TJek yang merupakan layanan transportasi dan TDrop yang merupakan layanan logistik atau pengiriman barang. Yang menarik dari Teknojek adalah pengguna aplikasi ini bisa memperoleh penghasilan tambahan dengan cara memperkenalkan TeknoJek kepada orang lain, maka setiap orang lain tersebut menggunakan aplikasi ini, Kamu akan memperoleh bonus. TeknoJek saat ini hanya tersedia di Jabodetabek.

11. PRO-JEK

Layanan transportasi online berikutnya adalah PRO-JEK, di mana aplikasi ini sama dengan Grab yang menyediakan kendaraan berupa motor, mobil, taksi, mobil mewah, sampai dengan mobil derek. Uniknya, pengguna aplikasi ini bisa memilih sendiri gender dari drivernya. Hal tersebut tentu saja dapat menguntungkan bagi kaum perempuan yang merasa risih jika harus berboncengan dengan pengemudi pria.

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Kamu juga bisa menghubungi pengemudi atau driver yang mengambil order kamu melalui WhatsApp atau panggilan suara. Secara keseluruhan, PRO-JEK adalah aplikasi transportasi online yang sangat memuaskan.

12. Bojek

Selanjutnya adalah Bojek, Aplikasi Ojek online ini khusus beroperasi di kota hujan Yaitu kota Bogor, mungkin Bojek sendiri singkatan dari "Bogor Ojek". Bagi kamu yang ingin mendapatkan tumoabgan ojek professional dapat menggunakan layanan dari Bojek ini.

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Selain menyediakan layanan transportasi, Bojek juga menyediakan jasa layanan antar barang, membeli makanan, dan berbelanja kebutuhan yang Anda inginkan. Meskipun terbilang masih sangat baru, Bojek sudah memiliki rating 4,5 di Google Play Store. Aplikasi yang satu ini juga akan memberikan informasi tarif pada saat di awal pemesanan.

13. Ojek Argo

Ojek Argo merupakan layanan ojek online yang sedikit berbeda dengan aplikasi sejenisnya. Karena Ojek ARGO menggunakan perhitungan dari argo digital. Bahkan kamu juga bisa memonitor argonya langsung dari smartphone kamu.

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Tarif Ojek ARGO hanya Rp 1.500 / KM dengan minimum order Rp 10.000 saja, cukup murah bukan? Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Ojek ARGO adalah kamu tidak perlu mendaftar akun seperti aplikasi ojek online lainnya. Selain itu, ada fasilitas built-in chatting yang memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan driver tanpa harus menelepon atau mengirim SMS yang dapat menguras pulsa.

14. Bang-Ojek

Bila Bojek hanya beroperasi di Kota Bogor, lain halnya dengan Bang-Ojek. Pasalnya, aplikasi Bang-Ojek hanya beroperasi di Kota Yogyakarta. Bang-Ojek memasang tarif mulai Rp 1.500 / KM. Sementara itu, jika Anda hanya menggunakan Bang-Ojek dari jarak 1-10 KM saja, maka Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 saja, cukup murah bukan?

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Bila di aplikasi ojek online lainnya kamu harus memasukkan rute penjemputan dan pengantaran terlebih dahulu, di Bang-Ojek Anda akan mencari driver dengan lokasi terdekat dengan Anda, lalu Anda akan diinformasikan nama driver dan kendaraannya, baru setelah mendapatkan driver kamu bisa memilih lokasi penjemputan dan pengantaran, lumayan unik juga kan?

5. LadyJEK

Seperti namanya, LadyJek ini khusus bagi para wanita, dengan pengendaranya yang juga kaum khusus bagi kaum Hawa. LadyJEK resmi beroperasi sejak Oktober 2015 lalu. Meski masih kesulitan bersaing dengan Go-Jek dan GrabBike, namun kehadiran Ojek Perempuan ini bisa jadi pilihan bagi para wanita yang terkadang enggan berboncengan dengan pengendara pria.

15 Aplikasi Ojek Online Paling Populer di Indonesia

Sama dengan Blu-Jek, saat ini layanan LadyJEK hanya tersedia di Jakarta dan sekitarnya. Aplikasi Lady-Jek sendiri bisa didownload di Google Play Store atau App Store bagi pengguna iOS, Sampai saat ini lady-Jek sudah diunduh hampir 100 ribu kali.

Baca Juga: Bisakah Top Up atau Isi Saldo GO-PAY di Indomaret?

Demikianlah 15 Daftar Ojek Online di Indonesia yang dapat Bang Ojol sebutkan. Sebenarnya masih banyak aplikasi ojek online lainnya yang juga memiliki manfaat dan turut meramaikan transportasi online di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel