WAJIB TAHU ! Ternyata Ini Faktor Penentu Penghasilan Ojek Online

Faktor Penentu Penghasilan Driver Gojek

Menjadi driver ojek online memang menjanjikan flexibilitas kerja namun tetap mendapat penghasilan. Hal ini yang membuat pekerjaan ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bayangkan saja, dalam satu bulan seorang driver ojek online bisa mengantongi sampai 6-7 juta rupiah.

Besarnya penghasilan yang dijanjikan oleh Gojek membuat banyak pekerja beralih atau setidaknya part time menjadi driver Gojek. Ada yang menjadikannya pekerjaan tetap atau pekerjaan untuk mendapat penghasilan tambahan.

Banyak memang yang tidak mempercayai bahwa seorang driver Gojek bisa memperoleh pendapatan hingga jutaan rupiah dalam satu bulan. Umumnya masyarakat tahunya menjadi driver ojek bukanlah pekerjaan dengan penghasilan yang tinggi.

Akan tetapi, inovasi sistem ojek yang dilakukan oleh Gojek dan perusahaan transportasi online lainnya mampu merubah stigma ini. Memang tidak semua driver bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah, akan tetapi menjadi jutawan dari hanya mengendarai ojek bukanlah hal yang mustahil untuk saat ini.

Hal ini berlaku terutama bagi kawan driver di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, atau Makassar. Seorang driver pada hari yang sibuk bisa mendapatkan orderan sebanyak 25 orderan dalam satu hari, dan ini sudah cukup untuk memberikan penghasilan hingga jutaan rupiah dalam satu bulan.

Akan tetapi, tentu tidak mudah juga untuk mendapatkan order sebanyak itu. Ada usaha dan kerja keras yang harus dilakukan untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi. Yang pasti seorang driver harus mengetahui faktor-faktor yang dapat membuat penghasilan kawan driver meningkat atau menurun.

Faktor Penentu Penghasilan Driver

Berikut ini beberapa faktor yang harus kawan driver ketahui yang berhubungan dengan penghasilan driver Gojek.


Lokasi dan Wilayah Keberadaan Driver

Lokasi keberadaan driver tentu sangat menentukan nominal pendapatan yang akan kawan driver terima. Driver yang berada di kota besar tentu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi. Hal ini dikarenakan peluang mendapatkan penumpang menjadi lebih besar.

Kebutuhan transportasi di kota besar tentu lebih besar untuk mengimbangi jumlah penduduk yang juga besar. Berbeda dengan kota kecil yang memiliki jumlah penduduk lebih sedikit. Hal ini tentu akan membuat peluang mendapatkan penumpang menjadi lebih sedikit.

Meskipun persaingan menjadi driver di kota besar ketat, namun hal ini seimbang dengan peluang pendapatan yang dijanjikan.

Durasi Kerja Driver

Kawan driver bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi jika mendapatkan banyak orderan dalam satu harinya. Orderan yang banyak pastinya tidak dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, waktu kerja kawan driver sangat menentukan besarnya penghasilan yang akan didapatkan.

Driver yang bekerja setengah hari, sehari penuh, dan driver yang bekerja hingga malam hari tentu akan mendapatkan penghasilan yang berbeda. Jika kawan driver ingin meningkatkan penghasilan sebagai driver ojek online, maka jangan malas untuk bekerja. Bekerjalah dengan semangat dalam durasi waktu kerja yang mencukupi.

Persaingan dan Lokasi Mangkal

Tempat mangkal atau ngetem juga akan menentukan banyaknya orderan yang akan diterima. Jika kawan driver mangkal di tempat yang banyak driver lainnya, maka persaingan mendapatkan orderan juga meningkat. Sedangkan kawan driver yang memilih tempat mangkal yang lebih sepi akan mendapatkan sedikit persaingan, namun jumlah orderan yang masuk juga sedikit.

Hal inilah yang menuntut kejelian dari kawan driver untuk memilih tempat mangkal yang strategis. Menentukan tempat mangkal akan mempengaruhi jumlah orderan yang masuk dan persaingan yang akan dirasakan.

Kawan driver disarankan untuk mangkal di tempat-tempat tertentu sesuai dengan waktu yang tepat. Misalnya, kawan driver dapat mangkal di sekitar sekolahan ketika jam anak-anak pulang sekolah.

Kawan driver juga dapat mangkal di sekitaran pusat perbelanjaan atau di terminal yang tidak pernah sepi dengan orang yang membutuhkan jasa transportasi. Pastikan kawan driver tidak sembarangan memilih tempat mangkal agar mendapatkan orderan sesuai dengan yang ditargetkan.

Kesehatan Driver

Kesehatan fisik dan jiwa driver sangat mempengaruhi kinerja seorang driver. Apalagi pekerjaan mengendarai kendaraan menuntut fisik dan jiwa yang kuat. Jika kawan driver memiliki tubuh dan jiwa yang sehat, maka kawan driver dapat bekerja dengan lebih semangat.

Sedangkan, jika kondisi fisik kawan driver menurun, tentu kinerja sebagai driver juga akan terganggu. Banyaknya masalah yang mengganggu pikiran juga dapat menyebabkan kawan driver tidak konsentrasi ketika bekerja. Hal ini tentu akan sangat buruk ketika mengendarai kendaraan.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa beristirahat merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pilihlah waktu untuk beristirahat yang tepat dan dalam waktu yang cukup.

Pelayanan yang Diberikan Driver

Sebagai pekerja yang bekerja di bidang pemberian jasa, pelayanan yang diberikan kawan driver tentu sangat penting. Kepuasan pelanggan terhadap kerja kawan driver akan berdampak pada rating yang kawan driver miliki.

Seperti yang sudah diketahui bahwa rating merupakan faktor penentu keberlangsungan kemitraan driver dengan perusahaan penyedia jasa ojek online. Dengan rating yang tinggi juga kawan driver bisa menerima berbagai bonus dari perusahaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel