Kamu Wajib Tahu. Begini Sistem Gaji dan Pembayaran di Gojek


BANGOJOL.COM - Bagaimana Sistem Gaji dan Pembayaran di Gojek? Ketika kawan driver ingin untuk menjadi mitra Gojek sebagai driver, gaji atau sistem pembayaran tentu menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan. Beberapa kawan driver tentu masih bertanya-tanya mengenai hal-hal berikut:
  1. Bagaimana cara Gojek membayar kawan driver?
  2. Apakah kawan driver akan mendapatkan pembayaran per hari atau per minggu atau per bulan?
  3. Apakah Gojek akan membayarkan gaji driver secara langsung atau melalui transfer bank?
Dan, beberapa pertanyaan lainnya yang juga banyak dipertanyakan driver. Memahami sistem pembayaran yang diberlakukan oleh Gojek menjadi hal yang sangat penting.
Bagi kawan driver yang penasaran atau belum mengerti, berikut ini penjelasan mengenai sistem gaji dan pembayaran yang diberlakukan oleh Gojek.

Sistem Gaji dan Pembayaran di Gojek

  • Cara Kerja Gojek
Sebelum kawan driver mencari tahu sistem pembayaran yang digunakan oleh Gojek, ada baiknya kawan driver mengetahui alur kerja yang diberlakukan Gojek. Alur ini mulai dari pelanggan menerima pesanan hingga pelanggan sampai ke tujuan. Berikut ini alur yang harus kawan driver ketahui:
  1. Ketika hendak menggunakan jasa Gojek, pelanggan membuka aplikasi dan melakukan pemesanan. Pelanggan dapat memilih layanan yang disediakan oleh Gojek, seperti Go-Ride atau Go-Car.
  2. Setelah memilih layanan yang ingin digunakan, pelanggan akan memasukan alamat tujuan. Selain itu, pelanggan juga harus mengatur alamat penjemputan yang akan dituju driver.
  3. Kemudian, pelanggan harus menentukan metode pembayaran yang akan dilakukan. Pelanggan dapat memilih membayar secara langsung (cash) kepada driver. Pelanggan juga dapat membayar menggunakan fitur Go-Pay yang disediakan oleh Gojek. 
  4. Lalu, setelah pelanggan memilih metode pembayaran, pelanggan akan menekan tombol order. Hal ini akan mengirimkan permintaan kepada server aplikasi Gojek untuk memberikan tanggapan terhadap pesanan yang dilakukan oleh pelanggan. Server Gojek akan memproses pesanan pelanggan berdasarkan alamat penjemputan dan tujuan yang dimasukan oleh pelanggan. Server akan mengirimkan pesan kepada driver Gojek di sekitar alamat penjemputan bahwa ada pelanggan yang melakukan order layanan Gojek.
  5. Kawan driver yang berada di sekitar lokasi penjemputan akan menerima pesan tersebut di aplikasi Gojek yang kawan driver miliki.
  6. Kawan driver dapat menerima atau menolak orderan tersebut. Jika kawan driver ingin menerima orderan tersebut, kawan driver dapat mengklik tombol terima order. Setelah kawan driver menerima order tersebut, server Gojek akan mengirimkan data kawan driver kepada penumpang. Kawan driver juga akan mendapatkan data penumpang yang akan dijemput berupa nama, nomor ponsel, dan posisinya.
  7. Setelah kawan driver sampai ke alamat tujuan, maka pelanggan akan membayar dengan jumlah yang sudah tertera di aplikasi. Pelanggan akan memberikan uang cash secara tunai jika metode pembayaran yang dipilih adalah secara tunai. Namun, pelanggan yang memilih membayar menggunakan Go-Pay akan mengalami pemotongan saldo Go-Pay tanpa harus membayar tunai.
  • Gaji atau Pembayaran Driver
Setelah kawan driver mengantar penumpang hingga ke tempat tujuan, kawan driver akan mendapatkan bayaran. Bayaran ini bisa diberikan secara langsung oleh penumpang atau dibayarkan oleh pihak Gojek jika penumpang membayar menggunakan Go-Pay.

Gojek memiliki aturannya tersendiri mengenai tata cara pembayaran gaji kawan driver. Aturan terbaru yang diberlakukan oleh Gojek untuk membayar kawan driver adalah:
  1. Jika kawan driver melakukan transaksi perjalanan di jam sibuk, maka kawan driver akan mendapatkan bayaran sebesar Rp 2.500 per kilometer. Berdasarkan aturan Gojek, jam sibuk berlaku dari jam 06.00-09.00 untuk pagi hari. Jam sibuk sore dan malam hari berlaku dari jam 16.00-20.00.
  2. Jika kawan driver menyelesaikan perjalanan di luar jam sibuk, maka kawan driver akan mendapatkan bayaran sebesar Rp 2.000 per kilometernya.
Aturan ini tentu saja dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh Gojek. Selain bayaran normal, Gojek juga memberlakukan sistem bonus bagi driver yang menjadi mitra mereka.

Baiklah, berdasarkan bayaran normal yang ditentukan oleh gojek, mari kita hitung perkiraan pendapatan yang akan didapatkan oleh kawan driver. Misalnya, kawan driver bekerja dari jam 06.00-12.00 dan kemudian istirahat. Kemudian, kawan driver kembali bekerja pada pukul 14.00-19.00.  Maka estimasi pendapatan kawan driver adalah:

Pendapatan Pagi Hari
  • Kawan driver melakukan perjalanan sebanyak dua kali dengan jarak 15 km pada jam sibuk. Maka, pendapatan yang akan kawan driver peroleh adalah: 2 x 15 x Rp 2.500 = Rp 75.000
  • Kawan driver melakukan perjalanan sebanyak tiga kali di luar jam sibuk dengan masing-masing perjalanan berjarak 10 km. Maka, kawan driver akan memperoleh bayaran sebesar: 3 x 10 x Rp 2.000 = Rp 60.000
Pendapatan Sore dan Malam Hari
  • Kawan driver melakukan perjalanan sebanyak tiga kali dengan masing-masing jarak 15 km pada jam sibuk. Maka kawan driver akan memperoleh bayaran sebesar: 3 x 15 x Rp 2.500 = Rp 112.500
  • Kawan driver melakukan dua kali perjalan di luar jam sibuk dengan jarak masing-masing 10 km. Maka, kawan driver akan mendapatkan bayaran sebesar: 2 x 10 x Rp 2.000 = Rp 40.000
Jika ditotalkan, maka dalam satu hari kawan driver bisa memperoleh pendapatan sebesar Rp 287.500. Ini merupakan penghasilan subjektif yang dapat disimulasikan. Dan penghasilan ini belum dikurang dengan uang bensin yang harus ditanggung sendiri oleh kawan driver.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel