Jenis-Jenis Pelanggaran Gojek Beserta sanksinya

Jenis-Jenis Pelanggaran Gojek Beserta sanksinya

BANGOJOL.COM - Jenis-Jenis Pelanggaran Gojek Beserta sanksinya, Perusahaan Gojek menuntuk setiap mitra atau drivernya supaya mengikuti peraturan yang telah ditetapkan dan disetujui bersama. hal ini bertujuan supaya dapat menghasilkan ekosistem yang baik dan menjaga kepuasan pelanggan.

Apabila kamu seorang Driver Gojek maka seharusnya kamu mengetahui hal apa saja yang dianggap sebagai pelanggaran oleh Gojek beserta sanksinya. Hal ini penting untuk kamu ketahui agar kamu bisa berhati-hati dan tidak melakukan sesuatu yang nantinya dapat merugikan kamu sendiri.

Perlu diingat bahwa akun kamu bisa mengalami suspend akun apabila kamu terdeteksi melakukan pelanggaran Gojek atau karena adanya laporan dari pelanggan/konsumen atas layanan Gojek yang telah kamu berikan.

Oleh sebab itu sebaiknya kamu perlu mengetahui apa saja jenis-jenis pelanggaran Gojek sehingga nantinya kamu bisa terhindar dari suspend akun Gojek kamu. Apabila kamu sudah mengetahui apa saja penyebab terjadinya suspend akun Gojek maka kamu bisa mengantisipasinya san berusaha untuk tidak melanggar sekalipun.

Nah bagi kamu yang belum tahu apa saja jenis pelanggaran pada Gojek, di sini Bang Ojol akan mencoba menguraikan secara rinci apa saja jenis pelanggaran pada Gojek beserta sanksinya, yuk simak di bawah ini.

Jenis Suspend Gojek

Bagi para mitra Gojek terjadinya suspend akun Gojek adalah sesuatu yang sangat ditakutkan sebab jika akun tersuspend maka driver tersebut tidak bisa menerima orderan lagi, dalam kata lain tidak bisa mendapatkan penghasilan melalui Gojek lagi.

Masih untung jika suspend nya hanya sementara atau beberapa hari, tapi jika suspend-nya bersifat permanen maka kemitraan kamu dengan Gojek akan putus untuk selamanya, yang artinya kamu sudah tidak bisa mencari penghasilan dengan ngojek di Gojek. Berikut ini adalah jenis suspend Gojek:

Auto suspend: Sanksi yang terjadi terhadap akun kamu, karena terdeteksi secara otomatis oleh sistem kamu telah melakukan pelanggaran.

Manual suspend: Sanksi yang terjadi terhadap akun Gojek kamu karena adanya laporan dari konsumen atau dari pihak lainnya.

Pada Auto Suspend, suspend tersebut dilakukan oleh sistem Gojek yang secara otomatsi melakukan suspend ketika didaptkan sebuah pelanggaran pada akun, seperti halnya order fiktif, jumlah order yang tidak wajar dan penumpang yang telah disetting.

Baca Juga: Bisakah Top Up atau Isi Saldo GO-PAY di Indomaret?

Sedangkan untuk manual suspend akan terjadi jika ada konsumen atau pihak lain yang melaporkan akun kamu ketika kamu telah menyelesaikan orderan dengan konsumen tersebut, misalnya kamu bertindak kriminal, merokok saat mengantar penumpang dan banyak tindakan lainnya.

Setiap pelanggaran yang kamu lakukan sebagai Driver Gojek dapat mengakibatkan hal yang fatal, oleh karenanya besar atau kecil suatu pelanggran maka sebaiknya kamu harus menghindari hal tersebut, demi keselamatan akun kamu.

Untuk lebih jelasnya apa saja pelanggaran yang masuk dalam kategori auto suspend dan manual suspend pada Gojek, kamu bisa melihat urainyya dibawah ini.

Jenis-Jenis Pelanggaran Gojek

Dibawah ini Bangojol akan menjelaskan jenis pelanggaran Gojek lengkap beserta sanskinya, di bawah ini terdapat pelanggaran dengan kategori auto suspend dan manual suspend.

1. Pelanggaran Gojek Dengan Sanksi Auto Suspend

Auto suspend berarti akun kamu akan terkunci secara otomatis karena sistem Gojek telah mendeteksi adanya pelanggaran. Di bawah ini jenis pelanggaran yang dapat menyebabkan akun Gojek kamu tersuspend secara otomatis.

  • Order Fiktif, sanski : putus kemitraan dan penalti sebesar Rp 300.000
  • Menyelesaikan atau menjalankan order dengan waktu yang tidak wajar, atau jarak yang tidak wajar atau kecepatan tidak wajar maka sanksinya suspend akun. 
  • Bila suspend akun ini terjadi maka kamu bisa mengajukan banding dengan datang ke kantor operasional Gojek. 
  • Dan jika kesalahan kamu nantinya termasuk atau diasosiasikan dalam order fiktif maka kamu bisa mendapatkan sanksi yang masuk dalam kelompok order fiktif yaitu berakibat putusnya kemitraan.
  • Menyelesaikan jumlah order yang tidak wajar, sanksinya putus kemitraan dan pinalti sesuai dengan sisa deposit yang tersisa pada akun Gojek kamu.
  • Terlalu sering menyelesaikan order dari pelanggan yang sama, sanksinya suspend akun. Untuk hal ini kamu juga bisa mengajukan banding ke kantor operasional Gojek dan jika kesalahan kamu terbukti masuk dalam kategori order fiktif  maka sanksi sebagai order fiktif akan diberlakukan.
  • Memiliki rating yang rendah, sanski berupa suspend akun dan jika terjadi putus kemitraan maka sisa deposit kamu akan dikembalikan.
  • Menggunakan aplikasi tambahan yang bersifat manipulatif, sanksi berupa putus kemitraan dan pinalti sebesar sisa deposit akun kamu.
  • Melakukan top up Go-Pay secara tak wajar, sanksi berupa suspend akun dan driver masih bisa melakukan banding.
  • Terindikasi menggunakan perangkat yang mencurigakan untuk mengambil order, sanksinya suspend akun dan masih bisa mengajukan banding. Jika terbukti melanggar maka bisa putus kemitraan dan sisa dalam akun akan dikembalikan.
  • Melakukan manipulasi order/data saat menjlankan order, sanksi berupa suspend akun dan bisa putus kemitraan jika terbukti masuk dalam order fiktif.

Terkait proses banding yang nanti bisa kamu ajukan maka kamu diberi kesempatan untuk melakukan banding paling lambat 2 bulan sejak tanggal suspend. Dan akun akan kamu akan diaktifkan kembali jik kamu terbukti tidak melakukan pelanggaran, namun apabila terbukti melanggar maka sanksi sebagaimana dinyatakan di atas akan diberlakukan.

Baca Juga: 15 Aplikasi Ojek Online Terpopuler di indonesia

Dari jenis pelanggaran Gojek yang berakibat suspend akun diatas terlihat bahwa order fiktif atau pelanggaran yang dapat diasosiasikan sebagai order fiktif adalah pelanggaran yang bisa memutus kemitraan kamu dengan Gojek alias diberhentikan dari Gojek.

2. Pelanggaran Gojek Dengan Sanksi Manual Suspend

Manual suspend berarti proses suspend yang dilakukan secara manual oleh pihak Gojek karena adanya laporan dari pelanggan atau pihak lainnya, karena ketidak puasan atau hal lainnya. Berikut ini adalah jenis-jenis pelanggaran Gojek yang berakibat terjadinya manual suspend:

  • Berbicara atau bertindak ke arah seksual, sanksi: Putus mitra dan deposit akan dikembalikan.
  • Melakukan Tindak Kriminal, sanksi: Putus mitra dan deposit akan dikembalikan.
  • Terlambat menjemput Pelanggan, sanksi: Peringatan melalui pesan di aplikasi
  • Tidak mentaati peraturan lalu lintas, sanksi: Suspend 1 hari kerja
  • Merokok saat berkendara, Helm Kotor, sanksi: Suspend 1 hari kerja
  • Menghubungi Pelanggan diluar kebutuhan order, sanksi: Putus mitra dan deposit akan dikembalikan.
  • Memberikan kembalian yang kurang atau meminta pembayaran yang lebih, sanksi: Suspend 1 hari Kerja

Dari jenis pelanggaran Gojek yang berakibat terjadinya manual suspend, maka apabila kamu telah mendapat/menerima tiga kali peringatan, maka kemitraan kamu bisa diputus. Dan apabila kamu terbukti melakukan pelanggaran yang sama secara berulang, maka sanksi yang diberikan kepada kamu adalah kelipatan dari sanksi yang telah dijelaskan/disebutkan di atas.

Apabila melihat berbagai jenis pelanggaran diatas maka terlihat bahwa sikap ketika berinteraksi dengan pelanggan adalah kunci supaya tidak mendapatkan manual suspend, oleh karenanya sebagai Driver kamu harus ramah dan bersopan santun terhadap pelanggan.

Dari artikel ini juga kamu sebagai konsumen atau pelanggan dapat mengambil pelajaran, sebaiknya pelanggan menasihati terlebih dahulu apabila ada Driver yang melakukan kesalahan. Ditakutkan driver tersebut lupa atau khilaf, karena driver juga manusia biasa.

Dan apabila ada hal hal kecil yang dikarenakan kesalahan tangan manusia dan bukan disenagaja, sebaiknya kamu jangan langsung melaporkan driver tersebut. Karena bisa jadi Gojek merupakan mata pencaharian satu-satunya, apabila terkena suspend, maka akan terputus.

Baca Juga: Cara Tarik Saldo GO-PAY Ke Rekening Bank

Demikianlah informasi yang dapat Bangojol berikan mengenai Jenis-Jenis Pelanggaran Gojek Beserta sanksinya yang berakibat pada suspend akun Gojek, semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi kamu terutama bagi kamu para driver Gojek, jangan lupa untuk baca Artikel Bangojol lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel