Informasi Terbaru Mengenai Lama Suspend Gojek


BANGOJOL.COM - Informasi Terbaru Mengenai Lama Suspend Gojek Suspend merupakan bentuk peringatan dan hukuman yang diberikan oleh Gojek kepada para driver yang dianggap sudah melakukan pelanggaran. Jika kawan driver melanggar aturan yang ditetapkan oleh Gojek, maka suspend akun dapat terjadi.

Lamanya akun di-suspend bergantung pada kesalahan yang dilakukan oleh kawan driver. Gojek Indonesia selaku perusahaan yang menyediakan jasa Gojek juga sudah mengatur tentang ini. Kawan driver pun pasti sudah mengetahui tentang aturan ini sejak awal menjadi driver Gojek.

Perlu kawan driver ketahui bahwa Gojek menerapkan dua sistem suspend akun. Sebelum mengetahui lamanya akun di-suspend, kawan driver perlu mengetahui jenis suspend yang dapat terjadi, yaitu:
  1. Suspend Manual. Suspend jenis ini dapat dilakukan oleh pihak Gojek jika menerima komplain atau aduan dari pelanggan atau pihak lain. Misalnya, ada pihak yang mengadukan bahwa ada driver yang menjadi pengedar narkoba. Maka, Gojek akan memproses untuk membekukan atau suspend akun driver tersebut. Suspend juga dapat terjadi jika pelanggan mengadukan pelayanan yang buruk, seperti pelecehan yang dilakukan oleh driver.
  2. Suspend Otomatis. Suspend ini merupakan sanksi yang diberikan dalam bentuk peringatan kepada driver. Peringatan ini diberikan dalam bentuk kode-kode pelanggaran yang telah dilakukan. Pelanggaran ini merupakan pelanggaran yang terdeteksi oleh aplikasi Gojek.

Berapa Lama Suspend Gojek?

Kawan driver sebenarnya dapat mengetahui aturan-aturan yang diterapkan oleh Gojek dengan datang langsung ke kantor Gojek. Selain itu, di situs resmi Gojek juga terdapat aturan tata tertib driver gojek.

Mengecek situs Gojek secara berkala juga seharusnya kawan driver lakukan. Hal ini dikarenakan Gojek selalu membaharui aturan-aturan yang mereka terapkan. Pembaharuan aturan ini dilakukan mengikuti perkembangan zaman. Jika sering meng-update informasi, maka kawan driver akan mudah mengetahui aturan-aturan terbaru yang diterapkan Gojek.

Gojek memberlakukan sistem tersendiri untuk melakukan suspend akun driver. Ada beberapa kebijakan mengenai lama suspend yang akan diterima oleh driver.
  • Suspend yang Berakhir dengan Putus Mitra
Jika kawan driver terbukti melakukan kesalahan yang sangan berat, maka akun kawan driver dapat di-suspend secara permanen. Dalam hal ini kawan driver akan putus mitra dengan gojek. Kesalahan seperti melakukan order fiktif yang tidak sesuai dengan sistem yang diberlakukan Gojek merupakan salah satu kesalahan tersebesar.

Jika terbukti melakukan kesalahan ini, selain mengalami putus mitra, kawan driver juga akan diminta membayar penalty sebesar Rp 300.000.

Selain itu, sanksi putus mitra juga dapat diberlakukan bila kawan driver menggunakan aplikasi ilegal. Penggunaan aplikasi ilegal ini dilakukan untuk memanipulasi sistem Gojek. Aplikasi ini juga dapat berupa kecurangan ketika meneriam orderan.

Jika kawan driver menggunakan aplikasi seperti autobid Gojek, maka bersiaplah untuk di-suspend permanen oleh Gojek. Kawan driver juga harus membayar penalty sejumlah deposit tersisa di akun kawan driver.

  • Suspend yang Masih dapat Diajukan Banding
Selain suspend permanen yang berakhir dengan putus mitra, kawan driver juga bisa mengalami suspend lainnya. Suspend ini masih memungkinkan kawan driver untuk mengajukan banding. Jika dikabulkan, maka kawan driver akan mendapatkan akun kawan driver kembali. Akan tetapi, jika keputusan banding adalah putus kontrak, maka kawan driver dipastikan akan kehilangan akses terhadap akun tersebut.

Beberapa jenis kesalahan yang masih memungkinkan kawan driver untuk melakukan banding adalah:
  1. Kawan driver menyelesaikan transaksi orderan dalam jangka waktu yang tidak wajar atau aneh menurut aplikasi Gojek. Misalnya, orderan yang harusnya selesai dalam 30 menit, namun baru selesai 3 jam kemudian.
  2. Kawan driver menjalankan transaksi orderan untuk jarak tempuh yang tidak wajar. Misalnya, kawan driver menerima orderan untuk jarak yang terlalu dekat atau terlalu jauh.
  3. Kawan driver menyelesaikan orderan dalam kecepatan yang tidak wajar dan mencurigakan. Misalnya, suatu orderan berdasarkan aplikasi Gojek selesai paling cepat dalam 15 menit. Akan tetapi, kawan driver sudah memencet tombol selesai hanya dalam waktu 5 menit.
  4. Kawan driver malakukan top-up Go Pay secara tidak wajar. Hal ini dapat terjadi jika kawan driver melakukan top-up dalam jumlah yang sangat banyak. Selain itu, kawan driver dapat dianggap mencurigakan jika melakukan top-up berkali-kali untuk akun yang sama dalam waktu berdekatan.
  5. Kawan driver tertangkap menyelesaikan jumlah pesanan yang tidak wajar. Aplikasi Gojek dapat menganalisa pesanan aksimal yang wajar dilakukan oleh kawan driver. Jika kawan driver dinilai menyelesaikan pesanan dalam jumlah yang tidak wajar, maka akun gojek kawan driver akan di-suspend.
  6. Kawan driver terlalu sering menerima pesanan dari pelanggan yang sama.
  7. Kawan driver memiliki rata-rata rating yang rendah. Ini dapat diidentifikasi bahwa kawan driver kerap memberikan pelayanan yang tidak maksimal kepada pelanggan.

Jika mengalami suspend karena pelanggaran tersebut, kawan driver dapat melakukan banding kepada pihak Gojek. Ajukan banding maksimal dua (2) bulan sejak tanggal suspend.

Jadi, kawan driver sudah tahu kan kalau lamanya suspend yang diberikan oleh Gojek berbeda tergantung pada pelanggaran yang kawan driver lakukan. Akan tetapi, akan lebih baik jika kawan driver menghindari kesalahan-kesalahan tersebut. Memastikan akun tetap aman akan lebih baik daripada mengurusnya setelah terkena suspend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel