Tips dan Trick Menaikkan Rating Driver Gojek


BANGOJOL.COM-Tips dan Trick Menaikkan Rating Driver Gojek Mendapatkan rating yang tinggi tentu menjadi impian bagi semua driver ojek online. Dengan rating yang tinggi kawan driver bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh Gojek selaku pengelola jasa transportasi online.

Rating yang tinggi mengidentifikasikan kinerja kawan driver sebagai pengemudi ojek online. Semakin tinggi rating yang kawan driver miliki, tandanya kawan driver memiliki reputasi yang tinggi sebagai pengemudi ojek online. Hal ini akan menjadi bahan evaluasi bagi Gojek terhadap kawan driver sebagai mitra kerja.

Rating paling tinggi yang bisa kawan driver dapatkan adalah bintang 5. Akan tetapi, mendapatkan rating yang sempurna tentu bukanlah perkara mudah.

Meskipun tidak bisa mendapatkan nilai dengan rating sempurna, seminimalnya kawan driver bisa mendapatkan rating 4. Jika kawan driver mendapatkan rating 4 ke atas, ini dapat menandakan kawan driver masih memiliki reputasi yang bagus sebagai pengemudi ojek online.

Cara Menaikkan Rating Driver Gojek

Meskipun bukan perkara mudah, namun menaikan rating Gojek juga bukan hal yang mustahil. Buktinya ada driver yang mampu meraih rating tersebut. Lalu, bagaimana caranya agar kawan driver juga dapat memperoleh rating yang tinggi sebagai pengemudi Gojek?

  • Tips Menaikkan Rating Bagi Kawan Driver yang Menjadi Mitra Go-Ride

Cara yang dapat kawan driver lakukan adalah:

  1. Sebelum bekerja, pastikan kendaraan kawan driver tidak mengalami masalah. Kawan driver dapat memastikan kebersihan kendaraan dan kelengkapan fisiknya, seperti kaca spion. Kawan driver juga harus melakukan pengecekan surat-surat kendaraan yang kawan driver miliki.
  2. Ketika bekerja kenakan atribut Gojek dan berpakaianlah dengan rapi. Beberapa penumpang menganggap tampilan driver sangat penting. Driver yang bau badan dan tampil acak-acakan menjadi salah satu hal yang dikeluhkan penumpang. Sebisa mungkin, berpakaianlah dengan sebaik mungkin.
  3. Hubungi pelanggan jika memang mendesak. Kawan driver dapat menghubungi penumpang jika benar-benar tidak tahu alamat tempat penjemputan. Misalnya, kawan driver sudah sampai tempat penjemputan, namun belum menemukan penumpang.
  4. Jangan lupa untuk menekan tombol “sudah menjemput pelanggan” ketika sudah bertemu penumpang
  5. Berikanlah sapaan dan senyuman kepada penumpang kawan driver. Bersikap ramah dan sopan akan memberikan kesan yang baik kepada penumpang.
  6. Tawarkan kelengkapan atribut, seperti helm kepada penumpang
  7. Berkendaralah sesuai dengan aturan lalu lintas di jalan raya. Jangan berkendara secara ugal-ugalan atau melanggar lampu lalu lintas. Utamakan keselamatan ketika kawan driver mengendarai kendaraan.
  8. Berbicaralah kepada penumpang dengan bahasa yang sopan dan santun
  9. Bawa atribut cadangan untuk menunjang pelayanan. Kawan driver dapat membawa jas hujan yang dapat ditawarkan kepada penumpang ketika terjadi hujan. Kawan driver juga dapat membawa masker untuk diberikan kepada penumpang agar terhindar dari debu jalanan.
  10. Jangan lupa tekan tombol “selesai mengantar pelanggan” ketika penumpang benar-benar sudah sampai tempat tujuan
  11. Berikan kembalian penumpang dengan uang pas dan jangan meminta uang lebih. Kawan driver harus selalu mengusahakan membawa uang cadangan untuk mengembalikan uang ongkos penumpang. Driver yang tidak memiliki uang kembalian merupakan driver yang paling sering dikeluhkan oleh penumpang.
  12. Ucapkan terima kasih kepada penumpang yang sudah menggunakan jasa kawan driver
  13. Jangan lupa ingatkan pelanggan untuk memberikan rating sesuai dengan pelayanan kawan driver.


  • Tips Menaikkan Rating Bagi Kawan Driver yang Menjadi Mitra Go-Massage

Go-Massage merupakan layanan resmi dari Gojek yang menyediakan jasa pijat dan refleksi bagi pelanggan. Bagi kawan driver yang menjadi driver Go-Massage, lakukan cara-cara berikut untuk menaikkan rating:

  1. Bawa peralatan pijat dan refleksi yang lengkap beserta bahan-bahan yang dibutuhkan. Sebelum kawan driver berangkat ke tempat pelanggan, pastikan semua peralatan sudah kawan driver siapkan. 
  2. Konfirmasi kedatangan kawan driver kepada pelanggan yang melakukan order ketika sudah tiba di lokasi. Kawan driver dapat mengirimkan pesan kepada pelanggan mengenai kedatangan kawan driver. Hal ini dapat membuat pelanggan lebih bersiap-siap menerima pijatan dari kawan driver.
  3. Ketika bertemu dengan pelanggan, jangan lupa berikan sapaan yang ramah dan sopan. Jangan lupa berikan juga senyuman kepada pelanggan tersebut.
  4. Lakukanlah pemijatan atau refleksi sesuai dengan permintaan pelanggan tersebut. Kawan driver dapat bertanya terlebih dahulu kepada pelanggan keluhan atau bagian tubuh yang membutuhkan pijatan.
  5. Ketika telah selesai melakukan pijatan, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada pelanggan tersebut. Hal ini merupakan salah satu bentuk kesopanan dan profesionalitas anda sebagai mitra pelanggan.


Pelayanan yang kawan driver berikan tentu akan sangat bergantung pada kepuasaan yang dirasakan oleh pelanggan. Oleh karena itu, sebagai pelaku dalam industri jasa, memberikan pelayanan terbaik merupakan pilihan utama.

Jika kawan driver memberikan pelayanan terbaik, pelanggan tidak akan ragu untuk memberikan bintang tinggi. Ada beberapa pelanggan yang bahkan tidak pelit untuk memberikan bintang 5 kepada driver.

Jangan sampai kawan driver mendapatkan rating yang rendah hanya karena dinilai tidak sopan atau tidak taat aturan. Hal ini beresiko pemutusan mitra bagi kawan driver oleh pihak Gojek Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel