Berapa Penghasilan Gojek? Begini Rumus dan cara Hitungnya

Berapa Penghasilan Gojek? Begini Rumus dan cara Hitungnya

BANGOJOL.COMBerapa Penghasilan Gojek? Begini Rumus dan cara Hitungnya, Menjadi Seorang Driver Gojek merupakan pekerjaan yang tidak tetap, wajar saja bila gaji yang didapat naik turun, Gaji Driver gojek ditentukan dari jumlah orderan, banyak poin, dan juga rating dari penumpang. Mungkin banyak di antara kalian yang penasaran berapa banyak Penghasilan Gojek.

Belakangan ini beberapa kali pengemudi ojek online berdemonstrasi menuntut kenaikan tarif pengemudi. Meski begitu, menjadi pengemudi ojek online tetap memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini terbukti dari banyaknya warga yang alih profesi atau sekadar menjadikan ojek online sebagai sumber pendapatan tambahan.

Mungkin karena banyak rumor penghasilan dari Gojek ini lumayan besar, apalagi banyak bonus yang didapat, dan bahkan pada Desember ini saja jumlah pengemudi Gojek sudah mencapai kurang lebih pada angka 500 ribu. Banyak banget bukan?

Baca Juga: Jenis-Jenis Pelanggaran Gojek Beserta Sanksinya

Jadi, apakah menjadi driver ojek online seperti Gojek menguntungkan atau malah membuat rugi? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, Kesempatan ini Bang Ojol akan mengupas rincian penghasilan Driver Gojek, cara menghitung penghasilan driver Gojek serta rumus-rumusnya.

Tarif Jalan Pengemudi Gojek

Saat ini tarif pengemudi Gojek yaitu Rp 2.000 per kilometer, murah banget bukan? Belum termasuk potongan 20% untuk perusahaan Gojek. Dengan demikian, tarif bersih yang didapat para driver adalah sebesar Rp 1.600 per kilometer, waduh kecil ya?

Berapa Penghasilan Gojek? Begini Rumus dan cara Hitungnya

Tarif pengemudi tersebut turun drastis jika dibandingkan saat awal beroperasinya Gojek yang mencapai angka Rp 3.000 - 4.000 per kilometernya. Tapi walaupun begitu kamu tidak usah khawatir, karena masih bisa mendapatkan tambahan dari tip atau bonus yang diverikan Gojek.

Perhitungan Poin dann Bonus Driver Gojek

Nah seperti yang saya bilang, selain komisi utama yang didapat dari penumpang, driverGojek juga bisa mengumpulkan poin dan mendapatkan bonus. Poin yang diperoleh dapat dikonversikan ke dalam uang tunai dengan rincian sebagai berikut:

  • 12 poin = Rp 10.000
  • 16 poin = Rp 30.000
  • 20 poin = Rp 40.000
  • 24 poin = Rp 50.000
  • 30 poin = Rp 70.000

Idealnya poin didaptkan ketika driver menyelesaikan orderan, tapi ada banyak cara mendapatkan poin tambahan seperti menyelesaikan orderan pada jam tertentu, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

  • 1 poin dasar dan 2 poin tambahan setiap penyelesaian Go-Send, Go-Ride, dan Go-Med  pukul 16.00-20.00 WIB hari kerja di area Jabodetabek tertentu.
  • Komisi tambahan senilai Rp 3.000 untuk order Go-Send, Go-Ride, dan Go-Med pukul 23.00-05.00 WIB
  • 20 poin dengan performa minimal 40% untuk mendapat bonus harian hingga Rp 90.000.
  • Untuk mendapatkan bonus, pengemudi Gojek harus menyelesaikan order dengan tingkat penyelesaian tertentu (Seperti harus menyelesaikan orderan sekian banyak ), tergantung pada daerahnya masing-masing.

Selain itu, para pengemudi juga harus menjaga performa rating mereka. Pasalnya, pengemudi dengan rating di bawah 4,5 akan terancam terkena suspend akun atau putus sebagai mitra Gojek, Nah ini sebabnya kamu sebagai Driver harus bersikap baik dan memperhatikan etika terhadap Penumpang, supaya dikasih bintang 5.

Simulasi Perhitungan Penghasilan Gojek

Misalkan pada satu hari Driver Gojek menyelesaikan 10 order, setiap order anggaplah mendapatkan tarif  Rp 10.000 karena jarak sekitar 5 KM per order.

Maka penghasilan Gojek dari order yang diterima adalah 10 x Rp 10.000 = 100 ribu rupiah.

Lalu dari order tadi anggaplah driver tersebut mendapat 20 poin, maka driver tersebut akan dapat bonus sebesar 10 + 40 = 50 ribu.

Jadi, total penghasilan Gojek per harinya = 100 ribu + 50 = 150 ribu rupiah, belum termasuk tip dari penumpang (apabila ada) dan bonus lainnya.

Maka apabila dalam satu bulan 30 hari full kerja dan konsisten penghasilan perhasri sekitar 150 ribu, maka penghasilan Gojek per bulan sekitar 30 x 150 ribu = Rp 4.5 Juta

Lumayan besar juga bukan? tentunya angka di atas apabila diambil simpelnya, beda lagi apabila kamu mendapat bonus lainnya dari Gojek atau mendapat orderan yang lebih banyak. Dari hasil perhituungan di atas, apabila setiap Driver Gojek mendapatkan minimal 10 orderan per hari maka setiap bulannya dia akan mendapatka sekitar Rp 4.5 juta, apabila bekerja 30 hari penuh.

Hitungan di atas tentu belum dikurangi untuk biaya akomodasi, seperti bensin, service dan juga biaya data internet dan biaya pulsa.

Menurut saya angka ini lumayan tinggi karena sudah melebih UMR kota-kota besar, Jadi bagaimana? Sudah tahu bagaimana cara menghitung penghasilan Gojek? Mudah bukan.

Baca Juga: 15 Aplikasi Ojek Online Terpopuler di Indoensia

Nah itulah Cara simpel menghitung penghasilan atau gaji Per hari/ Per bulan Driver Gojek. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu dalam menakumulasi atau mengira-ngira besarnya penghasilan Gojek.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel