Cari Tahu Penyebab Rating Gojek Turun

 

BANGOJOL.COM-Cari Tahu Penyebab Rating Gojek Turun Rating merupakan hal yang sangat penting bagi driver ojek online. Kawan driver yang memiliki rating yang tinggi tentu memiliki keuntungan sendiri. Misalnya, kawan driver akan lebih dipercaya oleh penumpang. Kawan driver juga berpeluang mendapatkan bonus dari perusahaan.

Sedangkan, jika rating kawan driver rendah, maka kawan driver harus bersiap menerima hukuman dari Gojek. Rating yang rendah menjadi salah satu alasan Gojek membekukan atau melakukan suspend pada akun kawan driver.

Pentingnya rating ini terkadang tidak disadari oleh beberapa penumpang. Meskipun driver sudah memberikan pelayanan maksimal, masih aja ada kawan driver yang memberikan rating sesuka hati.
Seharusnya penumpang benar-benar memberikan rating driver sesuai dengan jasa yang diberikan. Jika merasa pelayanan yang diberikan driver bagus, maka penumpang dapat memberikan bintang 4 atau 5. Namun, jika kurang puas dengan jasa yang diberikan driver, penumpang dapat memberikan bintang 3, 2, atau 1.

Selain penumpang, aplikasi Gojek juga dapat memberikan rating kepada kawan driver berdasarkan aktivitas kawan driver. Misalnya, kawan driver sering melakukan cancel order. Ini dapat membuat rating kawan driver menjadi turun.

Penyebab Rating Gojek Turun

Sebelum terjadi, ada baiknya kawan driver mencari tahu hal-hal yang dapat membuat rating kawan driver turun. Hal ini dapat membuat kawan driver lebih mengantisipasi hal tersebut. Berikut ini beberapa hal yang membuat rating Gojek kawan driver menurun:

  • Penumpang Tidak Tahu Tentang Rating Driver

Bagi penumpang yang baru menggunakan aplikasi Gojek, memberikan rating kepada driver mungkin tidak diketahui oleh penumpang tersebut. Selain itu, penumpang yang "cuek" juga tidak akan peduli dengan pemberian rating kepada driver.

Hal ini tentu menjadi malapetaka tersendiri bagi kawan driver. Pelanggan yang tidak tahu dapat memberikan rating kepada penumpang tanpa pertimbangan yang jelas. Meskipun kawan driver sudah memberikan pelayanan terbaik, namun bisa saja menerima rating yang rendah.

Beberapa penumpang seperti ini umumnya hanya memberikan bintang 3 kepada driver yang memberikan pelayanan yang baik. Mereka menilai pelayanan yang diberikan oleh driver tersebut biasa saja. Tidak berbeda dengan driver lainnya. Padahal, bintang 3 merupakan ancaman bagi driver karena dapat terancam menerima hukuman dari pihak Gojek.

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kawan driver mengingatkan penumpang ketika sudah sampai ke tempat tujuan. Jelaskan kepada penumpang dengan sopan bahwa rating merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan pekerjaan kawan driver.

  • Driver Memberikan Pelayanan yang Buruk

Penyebab utama rating driver yang rendah di aplikasi Gojek adalah pelayanan yang buruk. Jika pelanggan menilai kawan driver bukan driver yang baik, maka pelanggan tidak segan untuk memberikan rating yang rendah kepada kawan driver. Bahkan jika sudah parah, penumpang dapat mengajukan komplain kepada pihak Gojek terhadap layanan yang diberikan oleh kawan driver.

Beberapa contoh kasus yang membuat pelanggan menjadi tidak puas dengan pelayanan kawan driver adalah:

  1. Driver yang tidak ramah
  2. Driver yang berlaku tidak sopan
  3. Driver yang melanggar aturan lalu lintas
  4. Driver yang merokok ketika berkendara
  5. Kendaraan driver yang rusak di tengah perjalanan


  • Driver Sering Menolak dan Melakukan Cancel Order

Untuk beberapa keadaan, kawan driver dapat menolak atau melakukan cancel orderan yang sudah diterima. Akan tetapi, hal ini jangan dilakukan terlalu sering. Sering menolak atau melakukan cancel orderan pertanda bahwa kawan driver menolak banyak rezeki yang sudah menghampiri.

Selain itu, sistem Gojek memiliki kemampuan untuk mendeteksi hal ini. Jika kawan driver sering menolak atau melakukan cancel orderan, aplikasi akan mengidentifikasi kawan driver sebagai driver yang tidak serius bekerja. Terutama jika kawan driver melakukan hal ini dalam waktu berdekatan dan secara terus-menerus.

Tidak hanya rating yang turun, kawan driver juga beresiko terkena suspend otomatis oleh aplikasi Gojek. Kasus terburuknya, kawan driver bisa putus mitra dengan pihak Gojek.

Memperhatikan rating yang dimiliki merupakan tugas yang penting bagi kawan driver. Jangan sampai kawan driver menerima rating yang rendah. Rating yang rendah jika dibiarkan akan membuat pekerjaan kawan driver sebagai pengemudi Gojek menjadi terancam.

Perlu kawan driver ketahui bahwa Gojek sudah menetapkan kebijakan dan aturan yang jelas mengenai rating driver. Sebagai perusahaan yang bermitra dengan pengemudi, Gojek tentu membuat aturan yang dapat mengatur mitranya ini agar bekerja dengan baik.

Kawan driver bukanlah karyawan Gojek, melainkan mitra bisnis yang diharapkan dapat memberikan timbal balik yang saling menguntungkan. Hal inilah yang membuat driver harus mematuhi semua kebijakan yang diberlakukan oleh Gojek jika ingin menjadi mitra kerja.

Jika kawan driver sudah terlanjur mendapatkan rating yang rendah, kini saatnya kawan driver meningkatkan rating tersebut. Ada beberapa cara yang dapat kawan driver lakukan, misalnya dengan meningkatkan pelayanan. Kawan driver juga dapat bertanya kepada rekan driver lainnya yang berhasil mendapatkan rating yang tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel