Seberapa Penting Rating Bintang Terhadap Status Kemitraan Driver

Seberapa Penting Rating Bintang Terhadap Status Kemitraan Driver

Sebagai seorang driver tentu saja sudah sangat mengenal dengan fitur ini. Yak, fitur bintang rating. Fitur yang kadang jadi serem banget, khawatir penumpang ngasih jelek trus ntar kenapa-kenapa. Bener kan? Haahahaha.

Tentu saja Grab membuat fitur itu ada maksud dan tujuannya. Dikutip dari blog Grab tujuan mereka membuat ini adalah "Rating bintang akan membantu Kita untuk bersama-sama menjaga kualitas pelayanan kepada penumpang yang dapat menjadi kebanggaan kita".
Rating adalah penilaian yang diberikan oleh penumpang setelah melakukan perjalanan untuk menilai kualitas pelayanan driver kepada penumpangnya.
Lalu seberapa penting rating ini untuk para driver? 
Sudah pasti sangat penting. Nasib driver sangat tergantung dari rating yang diberikan oleh penumpang / customer.

Berapakah rating yang baik menurut Grab?
Dikutip dari panduan Grab, seorang driver diberi standar rating minimal 4,8. Jadi kawan driver harus mengusahakan agar minimal selalu di atas itu.

Apakah rating ini bersifat real time / langsung dihitung setelah selesai dapat order?
Rating bintang yang muncul dalam Aplikasi Grab Driver tidak bersifat ‘real-time’ (terkini). Rating bintang diperbarui 2x sehari dan dihitung berdasarkan rata-rata dari 100 rating bintang terakhir yang diterima. Dengan demikian, perubahan dalam rating bintang bisa jadi tidak berasal dari peringkat yang diberikan oleh penumpang terakhir.

Mengapa turunnya rating bintang lebih cepat daripada naiknya rating?
Karena sering penumpang tidak langsung memberi rating seketika setelah order selesai. Banyak yang sudah berhari-hari bari baru memberikan rating, biasanya saat mau buat order baru. Selain itu secara psikologis memang mengejar naik lebih susah daripada mendapat penilaian jelek, padahal ya enggak juga.

Seberapa pentingkah rating mempengaruhi kinerja kita?
Rating bintang adalah salah satu hal yang mempengaruhi perhitungan insentif yang akan diterima oleh kawan driver.

Nah, sekarang sudah tahu kan seberapa penting rating bintang ini. Jadi ternyata rating bintang ini sangat penting mempengaruhi masa depan kemitraan kawan driver dengan Grab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel